Orangtua atau Orang Tua? Mana Yang Benar?

Orangtua atau Orang Tua? Mana Yang Benar?
Orangtua atau Orang Tua? Mana Yang Benar?

Orangtua atau Orang Tua? Mana Yang Benar?, Penulisan OrangTua, Info Unik Seputar Orang Tua – menjawab pertanyaan siapa sih orang tua sama susahnya dengan menjawab bagaimana sih penulisan katanya. Meskipun tidak sering pertanyaan yang muncul namun pasti ada diantara kalian yang bertanya bagaimakah penulisan orangtua yang benar? Menurut Ejaan yang Disempurnakan (EYD), orang tua termasuk gabungan kata atau kata majemuk, oleh sebab itu penulisannya harus dipisah, orang tua. Namun, banyak yang tak sepakat dengan aturan ini, ada yang berpendapat bahwa, orangtua (parent), penulisannya mesti disambung. 

Suwardjoko P Warpani adalah salah seorang yang tidak sepakat menurutnya kata orangtua berkaitan dengan status bukan berkaitan dengan usia; orang lanjut usia. Orangtua siswa sangat mungkin usianya masih muda, belum layak disebut “orangtua” (lansia). Orang tua pada umunya adalah orangtua, tapi tidak setiap orangtua adalah orang tua. Jika merujuk pada kata Bahasa inggis, orangtua (parent) ditulis satu kata, sedangkan orang tua (old man atau old woman) di tulis dua kata. 


Dalam menyikapi perbedaan pendapat ini sebaiknya kita tidak alergi tentang bagaimana pulisan kata orangtua ini, yang terpenting adalah konsisten pada satu aturan yang di pegang teguh oleh setiap individu. Dan yang paling penting adalah bagaimanapun penulisannya orangtua harus tetap kita hormati dan muliakan sampai kapanpun. 

Semoga Bermanfaat ^

0 Response to "Orangtua atau Orang Tua? Mana Yang Benar?"

Post a Comment