Mengintip Sejarah Perkeretaapian Ambara

Mengintip Sejarah Perkeretaapian Ambara
Mengintip Sejarah Perkeretaapian Ambara

Mengintip Sejarah Perkeretaapian Ambara - Siapa yang tidak tau Stasiun Ambara, objek wisata yang sangat terkenal di Provinsi Jawa Tengah tepatnya di Kota Semarang ini sudah banyak menarik wisatawan lokal. Untuk menuju ke Stasiun Ambara hanya dibutuhkan waktu hampir satu jam. Di sana, banyak sekali tempat yang mencirikan Stasion ini yaitu adanya Museum Ambarawa yang dapat  di tempuh dengan medan yang mudah.

Museum Ambarawa sendiri didirikan tahun 1976 dan di buka untuk umum sejak 1 Oktober 2014. Biaya tiket masuk untuk mengunjungi tempat tempat di Stasion Ambara cukup murah hanya Rp.10.000 untuk dewasa dan Rp.5.000 untuk anak-anak, namun harga ini diluar harga jika ingin berkeliling menggunakan kereta. Untuk dapat menaiki kereta anda harus mencarter dengan rombongan minimal 40 orang, namun sayang perjalanan menggunakan kereta ini biayanya cukup mahal yaitu Rp. 5 juta untuk kereta diesel dan Rp.10 juta untuk kereta uap per rombongan. 


Bangunan Museum Ambarawa itu sendiri ternyata masih orisinil dengan adanya peron tiket kereta api dan pencetakan tiketnya. Di bagian lain juga terdapat  komponen-komponen kereta api dan benda-benda yang berhubungan dengan kereta api. Di pojok mueseum juga banyak terdapat kereta api yang di produksi tahun 1800-an  kurang lebih jumlahnya 10 buah kereta, kondisi kereta tersebut berantakan dan terdapat tulisan seri B, C, D yang tertera di kereta api tersebut. Seri ini ternyata mempunyai perbedaan dari segi roda penggeraknya, seperti kereta seri B menggunakan dua roda penggerak, sedangkan seri C tiga roda penggerak begitu seterusnya. 


Di Museum Ambarawa terdapat kereta yang paling tua yaitu seri C 1140 buatan Jerman yang di produksi tahun 1891. Menurut info Museum Ambarawa ini sedang di pugar yang nantinya setelah beres akan dijadikan etalase kereta tua di Indonesia. Jika anda memiliki waktu luang tidak ada salahnya anda berkunjung ke Museum Ambara ini karena banyak sekali ilmu dan Sejarah Perkeretaapian Ambarawa yang dapat kita ketahui



 Kereta tertua di Museum Ambarawa :

Mengintip Sejarah Perkeretaapian Ambara
Kereta Tertua

Peta lokasi Museum Ambarawa :

Mengintip Sejarah Perkeretaapian Ambara
Peta Lokasi Museum

Semoga Bermanfaat..

0 Response to "Mengintip Sejarah Perkeretaapian Ambara"

Post a Comment