Cara Mengatasi Nyeri Punggung

Cara Mengatasi Nyeri Punggung
Cara Mengatasi Nyeri Punggung
Cara Mengatasi Nyeri Punggung - Nyeri punggung bukan hal yang tabu lagi ketika di bicarakan bersama teman, keluarga maupun dokter. Nyeri punggung bukan hanya di rasakan oleh orang dewasa atau orang lanjut usia bahkan mahasiswa pun sudah banyak yang mengalami yang namanya nyeri punggung. Sakit yang dirasakan pada punggung biasanya berada pada bagian pinggang belakang yang biasa disebut lumbul bagian ini sangat penting untuk kelenturan tubuh dan menopang tubuh, bagian ini juga salah satu bagian tulang belakang yang paling banyak bergerak sehingga rasa nyeri pun sering timbul pada bagian ini. Ada beberapa kebiasaan yang harus kita ubah dan benahi untuk mencegah sekaligus mengurangi dari nyeri punggung tersebut, Beberapa kebiasaan tersebut antara lain :

1. Cara kita duduk, dalam posisi duduk yang benar seharusnya kita duduk dengan kursi yang didesain sesuai ergonomi tubuh manusia, seperti halnya mahasiswa yang mengerjakan skripsi akhir dengan cara yang salah seperti sambil tidur, duduk di kursi sambil melorot, mengetik di lantai, itu semua adalah hal-hal yang harus di jauhi untuk mencegah nyeri punggung ini.


2. Cara kita mengangkat beban, dalam hal mengangkat beban biasanya kita melakukannya dengan cara membungkuk, nah inilah kesalahan setiap orang seharusnya dalam mengangkat beban hal yang harus dilakukan adalah jongkok terlebih dahulu baru setelah itu ambil benda yang akan kita angkat setelah itu baru berdiri sehingga kerja tulang belakang belakang tidak terlalu berat.


3. Penggunaan hak tinggi terlalu lama (bagi wanita), dalam menggunakan hak tinggi yang terlalu lama, garis lurus tubuh biasanya condong ke depan namun biasanya badan menyesuaikan dan mencondongkan punggung ke belakang sehingga mengakibatkan nyeri pada punggung.


4. Menggunakan tas jingjing pada satu sisi pundak saja, tanpa disadari kebiasaan ini mengakibatkan posisi tubuh mendorong punggung bagian bawah sehingga rasa nyeri pun terasa.


5. Kegemukan, dalam hal ini tubuh yang gemuk akan membuat topangan tulang belakang berkurang karena terlalu berat menahan beban tubuh.


6. Merokok, merokok bukan hal yang wow lagi untuk di bahas karena dilihat dari segi manapun rokok memang berdampak negatif bagi tubuh begitu pula bagi tulang belakang, rokok menyebabkan usia tulang belakang semakin berkurang karena banyak zat negatif yang dapat merusak tulang punggung itu sendiri.


nah sekarang tau kan Cara Mengatasi Nyeri Punggung? yu karena kita sudah tau tidak ada salahnya kan merubah kebiasaan-kebiasaan buruk di atas toh kesehatan kita yang menikmatinya kan? Ayo Move On ke arah hidup yang lebih sehat .



0 Response to "Cara Mengatasi Nyeri Punggung"

Post a Comment